Tuesday, March 26, 2013

BUBLE SORT C++ [ASCENDING]


       Merupakan Algoritma pengurutan paling sederhana, pengurutan dilakukan dengan memebandingkan masing-masing item dari suatu list secara berpasangan, menukar item dan mengulanginya hingga mencapai akhir list secara berurutan  dan tidak ada item lagi yang dapat ditukar. Contoh syntaxnya :


#include <iostream.h>  
#include <conio.h>  
#define array 100  
  
int data[array];  
int n;  
  
void tukar(int a, int b);  
void bubble_sort();  
  
//main  
void main()  
{  
 cout<<"===PROGRAM BUBBLE SORT==="<<endl;  
  
 //Input Data  
 cout<<"Masukkan Jumlah Data : ";  
 cin>>n;  
 for(int i=1;i<=n;i++)  
 {  
  cout<<"Masukkan data ke "<<i<<" : ";  
  cin>>data[i];  
 }  
  
   
//tampilan data sebelum mengalami selection sort  
 cout<<"Data sebelum mengalami selection sort"<<endl;  
   
 for(i=1;i<=n;i++)  
 {  
  cout<<data[i]<<" ";  
 }  
  
 //memanggil fungsi buble sort  
 bubble_sort();  
  
 cout<<"\n\n";  
 //tampilkan data  
 cout<<"Data Setelah di Sort : ";  
 for(i=1; i<=n; i++)  
 {  
  cout<<" "<<data[i];  
 }  
 cout<<"\n\nSorting Selesai\n\n";  
}  
  
  
//fungsi tukar  
void tukar(int a, int b)  
{  
 int temp;  
 temp = data[b];  
 data[b] = data[a];  
 data[a] = temp;  
}  
  
//fungsi buble sort  
void bubble_sort()  
{  
 for(int i=1;i<=n;i++)  
 {  
  for(int j=n; j>=i; j--)  
  {  
   if(data[j] < data[j-1]) tukar(j,j-1);  
  }  
 }  
}  

Cara Instal USB WINDOWS 7 secara manual


                Mungkin ini salah satu teknik buat agan yang ingin menginstal WINDOWS 7 dengan cepat mudah dan nyaman, disini ane bakal mengusulkan ente untuk memilih menginstal windows di laptop/pc agan menggunakan USB daripada menggunakn CD, karena kalau lewat USB ane jamin deh instalnya bakal lebih cepet dari pada menggunakan CD,nah ini ane bakal bagi2 ilmu buat agan biaar ddicoba sendiri , tapi sebelum itu agan harus menyiapkan Virtual Disk WINDOWS 7 dan  minimal harus menyiapkan USB berkapasitas 4GB,

cara instal windows 7 manual menggunakan usb flask disk

 ***************cara 1:
1. buka iso yang berisikan instalan windows menjadi virtual disk dan colokkan usb pada pc/laptop (format usb menjadi NTFS)
2. ketik start+r keudian ketik cmd
3. ketik h: ( h: <tempat virtual disk iso windows> mengkondisikan)
4. keik cd boot
5. setelah memasuki cd boot maka katik lagi BOOTSECT.EXE /NT60 i: (i: <tempat usb yang akan menjadi instal windows>menkondisikan)
6. setelah selesai, copy semua isi dari instalan virtual disk iso windows pada usb yang akan menjadi tempat instal ulang

***************cara 2:
1. buka iso yang berisikan instalan windows menjadi virtual disk dan colokkan usb pada pc/laptop
2. ketik start+r keudian ketik cmd
3. ketik diskpart kemudian ENTER
4. ketik list disk kemudian ENTER
5. ketik select disk 1 ( "1" mengkondisikan flask disk yang digunakan pada disk berapa) kemudian ENTER
6. ketik clean kemudian ENTER
7. ketik create partition primary kemudian ENTER
8. ketik select partition 1 ("1" mengkondisikan flask disk yang digunakan pada disk berapa) kemudian ENTER
9. ketike active kemudian ENTER
10.ketik format fs=fat32 kemudian ENTER (tunggu beberapasaat sampai format 100 % )
11.ketik assign kemudian ENTER
12.ketik exit kemudian ENTER
13.setelah selesai, copy semua isi dari instalan virtual disk iso windows pada usb yang akan menjadi tempat instal ulang

Monday, January 28, 2013

Tips - tips Presentasi yang Efektif


        Untuk memahami bagaimana mempersiapkan dan melakukan presentasi yang efektif agar sesuai dengan hasil/tujuan yang diharapkan maka harus memperhatikan :
1. Perencanaan
- Situation : perhatikan waktu dan tempat saat memberikan persentasi.
- Purpose (tujuan) : memahami tujuan persentasi dilakukan.
- Audience : memperhatikan obyek yang menjadi peserta presentasi.
- Method : menggunakan berbagai metode sehingga tujuan presentasi terecapai
2. Tipe Presentasi
- Informasi : menyampaikan informasi baru dengan harapan audience mengetahui topic yang dipresentasikan.
- Persuasi : mengubah perilaku atau kebiasaan audience setelah presentasi berlangsung.
- Entertaining : memberikan sedikit hiburan sebagai refleksi dan peserta memperhatikan.
3. Persiapan
- Apakah tertarik dengan obyek ?
- Apakah menikmati presentasi yang disajikan?
- Apakah audience tertarik pada topik ?
- Apakah topik yang diberikan bersifat inform, entertaint, persuade?
- Apakah ada peristiwa tertentu yang berhubungan dengan topik ?
4. Outlining
- Isi presentasi agar tetap diingat audience
- Materi presentasi memerlukan outline yang baik
- Materi presentasi harus menyesuaikan topic dan waktu
5. Element Penting
- Kecepatan presentasi
- Pembukaan yang benar
- Transisi yang benar
- Relevansi topic
6. Latihan
         Mengusahakan mendapatkan feedback yang baik dari audience dengan melakukan presentasi yang benar dan baik
7. Siap Presentasi
- Mencoba presentasi sendiri
- Atur sslide sesuai dengan urutan
- Pastikan alat-alat bantu presentasi dalam kondisi baik
- Siapa yang akan membant jalannya presentasi
- Datang lebih awal
- Perhatikan penampilan saat presentasi
- Jangan berdiri di belakang meja, jangan menghalangi slide, mengusahakan dekat dengan audience
8. Saat Presentasi
- Utamakan tujuan awal presentasi dan ulang di akhir presentasi
- Jangan buat candaan bila tidak ahli
- Hindari kebiasaaan-kebiasaan yang kurang baik
- Menggunakan alat bantu presentasi dengan baik
- Libatkan audience dalam proses presentasi
- Mengatur waktu presentasi
- Jangan mengkritik hal-hal di luar topik

Pengertian Sumber Belajar


                                                         Sumber Belajar

1. Pengertian Sumber Belajar
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang tersedia di sekitar lingkungan belajar yang berfungsi untuk membantu optimalisasi hasil belajar. Optimalisasi hasil belajar ini dapat dilihat tidak hanya dari hasil belajar saja, namun juga dilihat dari proses pembelajaran yang berupa interaksi siswa dengan berbagai sumber belajar yang dapat memberikan rangsangan untuk belajar dan mempercepat pemahaman dan penguasaan bidang ilmu yang dipelajari.
Menurut Rusman (2007:64) “sumber belajar merupakan salah satu komponen yang membantu dalam proses belajar mengajar. Sumber belajar tidak lain adalah daya yang dapat dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun secara tidak langsung, sebagian atau keseluruhan”.
Pada prinsipnya sumber belajar mencangkup orang, isi, pesan, media, alat, teknik, dan latar lingkungan yang mengandung informasi yang dirancang atau dimanfaaatkan untuk memfasilitasi seorang belajar sehingga memungkinkan peserta didik untuk belajar secara mandiri.

2. Tujuan dan Manfaat Sumber Belajar
a. Tujuan Sumber Belajar
Sumber belajra bertujuan efektivitas dan efisiensi kegiatan proses mengajar melalui pengembangan system intruksional. Hanafi (1983: 4-6) mengemukakan bahwa fungsi dari sumber belajar itu adalah untuk menghindari proses belajar yang verbal dan hanya satu arah saja, seperti berikut:
1. Meningkatkan Produktivitas pembelajaran
2. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sisanya lebih individual
3. Membberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran
4. Lebih memantapkan pembelajran
5. Memungkinkan belajar secara seketika
6. Memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas, dengan menajikan informasi yang mampu menembus batas geografis.

b. Manfaat Sumber Belajar
Melaksanakan kegiatan belajar mengajar, guru sewajarnya memanfaatkan sumber belajar, karena pemanfaatan sumber belajar merupakan hal yang penting dalam konteks belajar mengajar. Dengan demikian memanfaatkan sumber belajar akan dapat membantu dan memberikan perjalanan belajar yang kongkrit dan dapat juga memperluas cakrawala dalam pengetahuan.
Berikut ini adalah beberapa manfaat sumber belajar menurut Depdiknas (1983:7) dalam Karwono (2000), yaitu :
1. Sumber belajar dapat memberikan perjalanan belajar yang kongkrit dan langsung kepada pelajarnya.
2. Sumber belajar menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan atau dikunjungi dan dilihat secara langsung oleh siswa.
3. Sumber belajar dapat menambah dan memperluas cakrawala sajian yang ada di dalam kelas.
4. Sumber belajar dapat memberikan informasi yang akurat dan terbaru.
5. Sumber belajar dapat memecahkan masalah pendidikan aau pengajaran baik di lingkungan mikro maupun di lingkungan makro.
6. Sumber belajar dapat  memberikan motivasi yang positif.
7. Sumber belajar dapat meranggsang untuk berfikir, bersikap dan berkembang lebih lanjut.