Monday, January 28, 2013

Pengertian Sumber Belajar


                                                         Sumber Belajar

1. Pengertian Sumber Belajar
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang tersedia di sekitar lingkungan belajar yang berfungsi untuk membantu optimalisasi hasil belajar. Optimalisasi hasil belajar ini dapat dilihat tidak hanya dari hasil belajar saja, namun juga dilihat dari proses pembelajaran yang berupa interaksi siswa dengan berbagai sumber belajar yang dapat memberikan rangsangan untuk belajar dan mempercepat pemahaman dan penguasaan bidang ilmu yang dipelajari.
Menurut Rusman (2007:64) “sumber belajar merupakan salah satu komponen yang membantu dalam proses belajar mengajar. Sumber belajar tidak lain adalah daya yang dapat dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun secara tidak langsung, sebagian atau keseluruhan”.
Pada prinsipnya sumber belajar mencangkup orang, isi, pesan, media, alat, teknik, dan latar lingkungan yang mengandung informasi yang dirancang atau dimanfaaatkan untuk memfasilitasi seorang belajar sehingga memungkinkan peserta didik untuk belajar secara mandiri.

2. Tujuan dan Manfaat Sumber Belajar
a. Tujuan Sumber Belajar
Sumber belajra bertujuan efektivitas dan efisiensi kegiatan proses mengajar melalui pengembangan system intruksional. Hanafi (1983: 4-6) mengemukakan bahwa fungsi dari sumber belajar itu adalah untuk menghindari proses belajar yang verbal dan hanya satu arah saja, seperti berikut:
1. Meningkatkan Produktivitas pembelajaran
2. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sisanya lebih individual
3. Membberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran
4. Lebih memantapkan pembelajran
5. Memungkinkan belajar secara seketika
6. Memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas, dengan menajikan informasi yang mampu menembus batas geografis.

b. Manfaat Sumber Belajar
Melaksanakan kegiatan belajar mengajar, guru sewajarnya memanfaatkan sumber belajar, karena pemanfaatan sumber belajar merupakan hal yang penting dalam konteks belajar mengajar. Dengan demikian memanfaatkan sumber belajar akan dapat membantu dan memberikan perjalanan belajar yang kongkrit dan dapat juga memperluas cakrawala dalam pengetahuan.
Berikut ini adalah beberapa manfaat sumber belajar menurut Depdiknas (1983:7) dalam Karwono (2000), yaitu :
1. Sumber belajar dapat memberikan perjalanan belajar yang kongkrit dan langsung kepada pelajarnya.
2. Sumber belajar menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan atau dikunjungi dan dilihat secara langsung oleh siswa.
3. Sumber belajar dapat menambah dan memperluas cakrawala sajian yang ada di dalam kelas.
4. Sumber belajar dapat memberikan informasi yang akurat dan terbaru.
5. Sumber belajar dapat memecahkan masalah pendidikan aau pengajaran baik di lingkungan mikro maupun di lingkungan makro.
6. Sumber belajar dapat  memberikan motivasi yang positif.
7. Sumber belajar dapat meranggsang untuk berfikir, bersikap dan berkembang lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment